Minggu, 27 Januari 2019

Persentase Pekerja Lulusan Perguruan Tinggi 2019

Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia yang dalam masa usia produtif hanya dapat mencapai 10% dari total keseluruhan latar pendidikan. Mayoritas usia produktif berlatar belakang pendidikan sekolah dasar dan SMP, kemudian disusul oleh lulusan Sekolah menegah atas. Informasi ini disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang menyebutkan bahwa kebanyakan angkatan kerja Indonesia yang berusia produktif memiliki latar pendidikan yang rendah.
Lulusan Perguruan Tinggi
Lulusan Perguruan Tinggi

Data dari kementerian tersebut menjelaskan bahwa hanya sebanyak 10% penduduk usia produktif yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Sementara itu, sebanyak 65% usia produktif memiliki pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Kemudian sisanya 25% adalah usia produktif dengan latar pendidikan sekolah menengah atas (SMA).

Agus Sartono, Deputi Menteri Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pun menjelaskan bahwa dominasi usia produktif yang berpendidikan rendah akan menjadikan produktifitas penduduk menjadi rendah. Agus juga menyebutkan bahwa usia produktif nasional akan kalah jika dibandingkan dengan negara lain yang kebanyakan usia produktif penduduknya berpendidikan tinggi lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar