Jumat, 30 November 2018

Bagaimana Dampak Perang Dagang

Dampak Perang Dagang antara tiongkok dan amerika serikat masih berlarut - larut. Padahal, beberapa waktu yang lalu telah diadakan pertemuan rutinan negara-negara Asia Pasifik (APEC). Di dalam forum tersebut belum menemukan titik temu antara kekisruhan yang terjadi baik untuk tiongkok maupun amerika serikat.
Dampak Perang Dagang
Dampak Perang Dagang

Presiden Joko Widodo pun menyebutkan bahwa dalam pertemuan G20 mendatangpun dirinya agak ragu terhadap baiknya hubungan antara tiongkok dan amerika serikat mengenai perang dagang yang terjadi. Untuk diketahui, dengan adanya perang dagang ini membuat nilai ekspor Amerika Serikat ke Tiongkok menjadi turun, dan juga sebaliknya Ekspor Tiongkok ke Amerika juga ikut turun. Dengan adanya kondisi seperti ini, peluang bagi Indonesia untuk turut masuk ke dalam pasar ekspor dengan mensubtitusi peran Amerika dan Tiongkok dalam memenuhi kebutuhan ekspor impor kedua negara tersebut.

Di samping itu, Presiden Joko Widodo mendengar kabar bahwa nantinya, pabrik tiongkok akan dipindahkan ke sejumlah negara asia tenggara termasuk Indonesia dengan tujuan untuk menghindari tari impor mitra dagang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar