Jumat, 12 Oktober 2018

Suku Bunga Tertinggi Bank Internasional

Suku Bunga Tertinggi saat ini berimbas dari mengamuknya perekonomian Amerika Serikat dan menguatnya nilai mata uang dolar Amerika Serikat beriringan dengan meningkatnya suku bunga yang dikeluarka oleh Bank Sentral Amerika Serikat The Fed yang telah mendorong investor untuk terus memburu aset - aset dalam bentuk mata uang dolar Amerika Serikat dan juga melepas asetnya dalam mata uang yang beresiko.
Suku Bunga Tertinggi

Efeknya akan sangat terasa pada Mata Uang Negara berkembang yang mengalami penurunan nilai mata uang yang pada akhirnya memaksa Bank Sentral Negara tersebut untuk ikut menaikan suku bunga acuannya agar tidak menjadi tujuan pelarian modal.

Langkah ini pada bulan Mei 2018 dilakukan oleh Bank Sentral Argentina yang telah menaikan suku bunga acuannya sebesar 675 bps atau menjadi 40% dengan tujuan untuk menekan pelemahan mata uang Negara Argentina tersebut. Suku bunga acuan Argentina tersebut adalah yang paling besar jika dibandingkan dengan Bank - Bank sentral lainnya di seluruh dunia. Bank sentral yang memiliki suku bunnga acuan tertinggi lainnya selain Argentina adalah Bank Sentral Suriname yakni sebesar 25% dan diikuti oleh bank sentral venezuela yang menaikan suku bunga acuannya sebesar 20,81%,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar